Selasa, 17 Mei 2011

Rasul Pertama, Rasul Terakhir, dan Jumlah Rasul

Rasul Pertama, Rasul Terakhir dan Jumlah Rasul
oleh Sugiyanta

Pengertian Rasul
Secara syar’i rasul berarti seorang laki-laki merdeka yang diberi wahyu oleh Allah dengan membawa syariat dan ia diperintahkan untuk menyampaikannya pada umatnya (Lihat : Shaikh al-Fauzan, dalam at-Tauhid lish-Shaff ats-Tsani al-‘Ali, bab V Beriman Kepada Para Rasul, Lihat Juga Shaikh al-Utsaimin, dalam Syarhu Tsalatsatil Ushul, bab Beriman Kepada Para Rasul Allah). 

Siapa Saja Rasul Itu?
Rasul yang pertama kali diutus adalah adalah Nabi Nuh,
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
إن أوحينا إليك كما أوحينا إلى نوح و النبين من بعده
Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu, sebagaimana Kami telah berikan wahyu kepada Nuh dan Nabi-nabi setelahnya (an-Nisa’: 163).
Diriwayatkan dalam Shahih al-Bukhari dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu dalam hadist syafaat, Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam, menyebutkan bahwa manusia mendatangi Adam alaihissalam untuk meminta syafaat, tetapi ia menolaknya dan berkata, tetapi …
وَلَكِنِ ائْتُوا نُوحًا أَوَّلَ رَسُولِ بَعَثْهُ اللهُ …
temuilah Nuh, rasul pertama yang di utus Allah (lihat 1. HR al-Bukhari, dalam Kitab Tauhid hadist no. 42, dalam Kitab Tafsir al-Quran hadist no. 4116, 2. HR Muslim dalam Kitab Iman hadist no 284, 3. HR at-Tirmidzi dalam Kitab Susana Neraka Jahanam hadist no. 2514, Kitab Sifat-sifat Terpuji hadist no. 3543, 4. Ibn Majah hadist no. 4303)
Karena itu tidak ada Rasul sebelum Nuh  ‘alaihisssalam.
Rasul Terakhir adalah Muhammad sh alallahu ‘alaihi wassalam
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّ سُولَ اللهِ وَ خَاتَمَ النَّبِّيْنَ
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki diantarmu, tetapi ia adalah Rasul Allah dan penutup nabi-nabi (al-Ahzab: 40). Tidak ada Nabi setelah beliau, barangsiapa mengaku sebagai nabi stelahnya, ia telah kafir, pendusta dan murtad dari agama Islam.

3. Jumlah rasul melebihi daripada yang nama-namanya tercantum dalam al-Quran.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
وَلقدْ أَرْسَلْنَا رُسُولاً مِّن قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَّنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَ مِنْهُمْ مَن لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيكَ.
Dan sesungguhnya telah kami utus beberapa orang Rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu (Ghafir: 78). 
Maka dapat dipastikan bahwa Allah telah mengutus lebih dari 25 rasul.
Wallahu a'lam bi shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar