Jumat, 20 Mei 2011

Fiqh: Shalat Dhua


Shalat Dhuha (Shalat Awwabin)
Oleh: Sugiyanta, S.Ag, M.Pd
Pagi hari di Paras Banjarasri Kalibawang Kulon Progo 19 April 2011

Pengertian Dhuha
Dhuha ialah waktu antara meningginya antara meningginya matahari hingga sebelum waktu zawal (matahari tepat di atas sebelum tergelincir ke arah barat).

Perintah Shalat Dluha
صحيح مسلم - (ج 4 / ص 48)
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا أَبُو التَّيَّاحِ حَدَّثَنِي أَبُو عُثْمَانَ النَّهْدِيُّ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَأَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ
Dari Abi Hurairah, ia berkata: Kekasihku shalallahu ‘alaihi wa salam mewasiatkan kepadaku dengan tiga hal: berpuasa tiga hari setiap bulannya, dua rakaat shalat dhuha, dan agar shalat witir sebelum tidur.

Keutamaan Shalat Dluha
صحيح مسلم - (ج 4 / ص 47)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ الضُّبَعِيُّ حَدَّثَنَا مَهْدِيٌّ وَهُوَ ابْنُ مَيْمُونٍ حَدَّثَنَا وَاصِلٌ مَوْلَى أَبِي عُيَيْنَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عُقَيْلٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ الدُّؤَلِيِّ
عَنْ أَبِي ذَرٍّعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى
Dar Abi Dzar dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, bahwa ia bersabda: Setiap persendian seorang di antaramu harus shadaqah, maka satu tasbih (subhanallah) adalah shadaqah, setiap satu tahmid adalah shadaqah, setiap satu tahlil adalah shadaqah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Dan dua rakaat shalat dluha sudah cukup untuk menggantikan semua itu.

مسند أحمد - (ج 46 / ص 472)
حَدَّثَنَا زَيْدٌ حَدَّثَنِي حُسَيْنٌ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُرَيْدَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي بُرَيْدَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ:
فِي الْإِنْسَانِ سِتُّونَ وَثَلَاثُ مِائَةِ مَفْصِلٍ فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهَا صَدَقَةً قَالُوا فَمَنْ الَّذِي يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِي الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا أَوْ الشَّيْءُ تُنَحِّيهِ عَنْ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُ عَنْكَ
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda: Dalam tubuh manusia ada 360 sendi, dan dia wajib mengeluarkan shadaqah untuk tiap sendinya. Mereka (para sahabat) bertanya: Siapakah yang sanggup, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: Ludah dalam masjid yang dipendamnya, atau sesuatu yan disingkirkannya di jalan. Jika tidak mampu, maka dua rakaat Dluha sudah mencukupinya.

مسند أحمد - (ج 56 / ص 79)
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ شُرَيْحِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
 إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ ابْنَ آدَمَ لَا تَعْجِزْ مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَوَّلَ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ
Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda: Sesungguhnya Allah ‘aza wa jala berfirman: Wahai anak Adam, jangan kau tinggalkan empat rakaat pada awal hari, pasti aku mencukupimu pada akhir hari.

مسند أحمد - (ج 13 / ص 387)
حَدَّثَنَا حَسَنٌ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ حَدَّثَنِي حُيَيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيَّ حَدَّثَهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِي قَالَ:
بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَرِيَّةً فَغَنِمُوا وَأَسْرَعُوا الرَّجْعَةَ فَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِقُرْبِ مَغْزَاهُمْ وَكَثْرَةِ غَنِيمَتِهِمْ وَسُرْعَةِ رَجْعَتِهِمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَقْرَبَ مِنْهُ مَغْزًى وَأَكْثَرَ غَنِيمَةً وَأَوْشَكَ رَجْعَةً مَنْ تَوَضَّأَ ثُمَّ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لِسُبْحَةِ الضُّحَى فَهُوَ أَقْرَبُ مَغْزًى وَأَكْثَرُ غَنِيمَةً وَأَوْشَكُ رَجْعَةً
Abdullah bin Amr bin ‘Ash berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam mengutus pasukan, lalu mereka cepat kembali dengan membawa harta rampasan. Orang-orang membicarakan dekatnya tempat perang mereka, banyaknya harta rampasan mereka, dan cepatnya mereka kembali. Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salamn bersabda: Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang lebih dekat tempat pertempurannya daripada mereka, lebih banyak mendapatkan harta rampasan dan lebih cepat kembali? Barangsiapa wudlu lalu datang ke masjid untuk mengerjakan shalat dluha, maka dia lebih dekat pertempurannya, lebih banyak harta rampasannya, dan lebih cepat kembalinya.

Waktu Paling Tepat untuk Mengerjakan Shalat Dluha
صحيح مسلم - (ج 4 / ص 109)
حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ نُمَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ عُلَيَّةَ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ الْقَاسِمِ الشَّيْبَانِيِّ أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنْ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلَاةَ فِي غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
Shalat awwabin (dluha) itu, ketika anak-anak unta mulai kepanasan.

Jumlah Rakaat Shalat Dluha
Jumlah rakaat shalat dluha adalah 2 berdasarkan hadist Abu Hurairah (hadist 1) dan hadist Abu Dzar (hadist 2), 4 rakaat berdasarkan hadist Au Darda’ (hadist 3), bisa juga 6, 8, 10 dan 12 menurut hadist-hadist yang lain.

Tempat Shalat Dluha
Shalat dluha dapat dikerjakan di rumah berdasarkan keumuman bahwa shalat sunat lebih utama dikerjakan di rumah, tetapi bisa juga dikerjakan di masjid berdasarkan hadist riwayat Imam Muslim di atas (hadist terakhir).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar