Kamis, 12 Mei 2011

Allah subhanahu wa ta'ala Memiliki Dua Tangan

Allah subhanahu wa ta'ala Memiliki Dua Tangan
Oleh Sugiyanta

Orang pertama yang ada di muka bumi ini adalah Adam ‘alaihissalam. Beliau diciptakan dan dibentuk oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari tanah kering. Setelah Adam ‘alaihissalam terbentuk, Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan seluruh makhluk yang sudah diciptakan sebelum Adam ‘alaihissalam seperti seluruh Malaikat, Jin termasuk juga Iblis untuk memberikan penghormatan dengan cara bersujud kepadanya. Akan tetapi Iblis menolak melakukannya. Ia enggan dan sombong, maka jadilah Iblis makhluk pertama yang kafir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.
Dan ternyata Adam diciptakan melalui dua tangan Allah subhanahu wa ta’ala. Seperti Firman-Nya:
قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ [ص/75]
Allah berfirman: Wahai Iblis, apa yang menghalangimu untuk bersujud kepada apa (Adam) yang aku ciptakan dengan dua tanganku, Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?."
Akan tetapi janganlah kita ini membayangkan bahwa tangan Allah subhanahu wa ta’ala seperti tangan kita manusia, atau seperti yang kita bayangkan. Sungguh Allah memiliki sifat yang tidak ada menyamainya. Wa lam yakulahu kufuan ahad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar