Senin, 08 Agustus 2011

Kapan Sebenarnya Nuzulul Quran Terjadi?

Kapan Sebenarnya Nuzulul Quran Terjadi?
Oleh: Sugiyanta, S.Ag, M.Pd

Sudah menjadi kebiasaan bila ditanya kapan pertama kali al-Quran diwahyukan kepada Nabi Muhammad Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam. Pastilah jawabnya malam 17 Ramadhan. Maka tak aneh bila kebanyakan umat Islam di negeri ini memperingatinya pada tanggal tersebut sebagai malam nuzulul quran.

Mengapa 17 Ramadhan
Dalam Al-Anfal: 41, disebutkan:
وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (٤١)
Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka Sesungguhnya seperlima untuk Allah, rasul, Kerabat rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Sebaggian para ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan hari al-Furqaan ialah hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang kafir, yaitu hari bertemunya dua pasukan di peprangan Badar, pada hari Jum'at 17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah. Sebagian para ahli tafsir berpendapat bahwa ayat ini mengisyaratkan kepada hari permulaan turunnya Al Quranul al-Karim pada malam 17 Ramadhan.

Tetapi bagi umat Islam yang menginginkan kepastian, seperti halnya ahli sejarah, sudah sewajarnya mereka mencari data-data yang sah untuk membuktikan bahwa Nuzulu Quran terjadi tanggal 17 Ramadhan. Mungkin saja sebagian besar umat ini beranggapan bahwa persoalan kapan diturunkannya Alquran tidaklah penting, tetapi yang menginginkan kepastian dalam rangka mendapatkan kebenaran, masalah ini menjadi sangat penting. Karena itulah, masalah ini akan dikaji dengan menggali kembali isi kandungan Alquran dan hadis Nabi.

Dalil dari al-Quran al-Karim

1.         Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam pada bulan Ramadhan.
Tersebut dalam al-Baqarah ayat 185.
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ ....
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). ...

2.         Al-Quran diturunkan pada malam Qadar (Lailatur Qadar)
Tersebut dalam al-Qadr
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢)لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣)تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤)سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)
1.     Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan
2.     dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?
3.     malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4.     pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5.     malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

3.         Kapan Lailatul Qadar itu?
Banyak hadist nabi yang mutawatir tentang kapan Lailatul Qadar. Dari banyak hadist tersebut terdapat kesimpulan bahwa waktu Lailatul Qadar adalah malam-malam ganjil 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan.

4.         Keterangan Nabi tentang Kapan al-Quran diwahyukan
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda bahwa al-Quran diturunkan pertama kali ke (langit) dunia pada setelah tanggal 24 Ramadhan.
وروى الإمام أحمد عن واثلة بن الأسقع : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :
( أنزلت صحف إبراهيم في أول ليلة من رمضان وأنزلت التوراة لست مضين من رمضان والإنجيل لثلاث عشرة ليلة خلت من رمضان وأنزل القرآن لأربع وعشرين خلت من رمضان )
Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda: Shuhuf Ibrahim diturunkan pada malam awal (tanggal 1) Ramadhan, dan at-Taurah diturunkan pada malam keenam Ramadhan, dan al-Injil pada malam ketiga belas Ramadhan, dan al-Quran diturunkan pada setelah malam ke dua puluh empat Ramadhan. (Hadist ini di riwayatkan oleh Imam Ahmad rahimahullah, dan Imam Nashiruddin al-Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan lihat kitabnya as-Silisilah ash-Shahihah)
Kesimpulannya, bahwa menentukan Lailatul Qadar saat al-Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan tidak tepat. Wallahu a’lam.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar