Minggu, 18 Maret 2012

Hadist tentang Yasinan pada Malam Jumat

Tingkatan Hadist tentang Yasinan pada Malam Jumat
Oleh: Sugiyanta, S.Ag, M.Pd


Teks Hadist
السلسلة الضعيفة - مختصرة - (ج 11 / ص 113)
من قرأ سورة ( يس في ليلة الجمعة غفر له
As-Silsilah adl-Dlaifah (11/113):
Barangsiapa membaca surat Yasin pada malam Jumat maka dia akan diampuni

Takhrij Hadist
Diriwayatkan oleh Imam al-Ashfahani dalam at-Targhib wa at-Tarhib hal. 244, dari Zaid bin Hiraisy dari Aghlab bin Tamim dari Ayyub dan Yunus dari hasan, dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu.

Derajat Hadist dan Alasannya
Hadist ini Dlaif Jiddan atau lemah sekali. Kecacatannya terletak pada Aghlab bin Tamim

Pendapat Ulama tentang Aghlab bin Tamim
Imam Ibn Hibban berkata, “Hadistnya munkar, dia meriwayatkan dari orang-orang terpercaya hadist-hadist yang bukan dari mereka, sehingga tidak bisa dijadikan hujjah (dalil) karena banyaknya kesalahannya.

Faidah Hadist
Mungkin hadist ini dipedomani sebagian kaum Muslimin yang mengadakan acara Yasinan setiap malam Jumat, padahal cara seperti ini tidak pernah dicontohkan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam dari para Shahabatnya. Namun jangan ada anggapan bahwa surat Yasin tidak penting. Juga jangan ada anggapan bahwa ini pelecehan kepada surat Yasin. Hanya saja segala sesuatu amalan harus dilandasi oleh hadist-hadist maqbulah (yaitu hadist-hadist shahih setidaknya hasan).

6 komentar:

  1. dikit2 gak dicontohkan Nabi, dikit2 gak ada haditsnya, dikit2 haditsnya gak kuat... lah, apa salahnya mengadakan acara yasinan pada malam jum'at? di kampung saya acara yasinan malah malam sabtu.. itu lebih tidak ada haditsnya.. tetapi kita lihat tujuannya dong pak. kalo di kampung saya itu yasinan pemuda-pemuda, dan saya tau itu tujuannya untuk menjalin silaturahmi, menyatukan pemuda2, dari pada nongkrong di pinggir jalan, kita kumpul2, membaca surat yasin, dll.
    mungkin posting ini tidak bertujuan untuk melarangnya karena saya tau itu.. tetapi untuk orang2 awam?? mungkin dianggap posting ini melarang mengadakan acara yasinan pada malam jum'at. mohon maaf kalo ada kata yang kurang berkenan.. dan mungkin saya yang salah, mohon terus bimbingannya. makasih.

    BalasHapus
  2. Hiya-ya. Semoga orang-orang terpelajar bisa menerangkan mengapa hadist ini dibicarakan derajat shahih, hasan, dlaifnya. Sebenarnya kami tak bermaksud melarang membaca surat Yasin pada malam Jumat. Tetapi meniatkan membaca Yasin pada malam Jumat dengan niat seperti isi hadist, ternyata hadistnya demikian-demikian. Adapun membaca Yasin untuk belajar atau pembelajaran tentu saja akan memdapatkan pahala, insyaallah. Juga belajar agama (termasuk membaca al-Quran) dapat dilakukan kapan saja. Kamipun meyakini membaca al-Quran apapun suratnya juga mendapat pahala. Assalamu'alaikum.

    BalasHapus
  3. semoga kita terpelihara dari hal-hal yang tidak ada tuntunannya dan selalu berpegang teguh pada sunnah.

    BalasHapus
  4. Sebelum meneliti hadits dhoif,shohih dan lain2 ana mau tanya apakah rasul menuntun untuk menuliskan hadits?ya apa tidak?penulisan hadits setelah zaman rasull baik apa tidak?segala sesuatu itu dikembalikan dari niat?setiap orang memiliki pendapat dan dalil masing2 tetapi ketika salah satu merasa paling benar allahualam allah memberikan kita akal dan pikiran untuk melakukan kebaikan dan allah lah yg berhak menilai, orang yang melakukan yasinan malam jumat punya dalil apakah orang yg melakukan daurah mingguan juga punya dalill?....allahualam akan datang suatu kaum yang sholatnya merasa lebih baik dari kaum yang lain dan merasa puasanya lebih baik dr yg lain dan bacaan alqurannya bagaikan busur ∙∙̣̇∙̣̣̇̇∙̣̣̣̇̇̇∙̣̇∙̣̇∙̣̇ yg melesat dari tenggorakan,...berbaik sangkalah kepada sesama muslim

    BalasHapus
  5. syukron artikelnya. sangat bermanfaat.

    bisnis tiket pesawat mantap www.kiostiket.com

    BalasHapus