Selasa, 29 November 2011

Ternyata Adzan Shubuh Dua Kali adalah Sunnah


Adzan Subuh Dua Kali?
oleh: Sugiyanta, S.Ag, M.Pd 

حَدِيثُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِنَّ بِلَالًا يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى تَسْمَعُوا تَأْذِينَ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ
Diriwayatkan daripada Abdullah bin Umar r.a katanya: Rasulullah s.a.w telah bersabda: Apabila Bilal memperdengarkan azan pada malam hari, makan dan minumlah sehingga kamu mendengar azan yang akan diperdengarkan oleh Ibnu Ummi Maktum (HR Bukhari no. 582, Muslim no. 1827, Tirmidzi no. 187 dll)

حَدِيثُ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَمْنَعَنَّ أَحَدًا مِنْكُمْ أَذَانُ بِلاَلٍ أَوْ قَالَ نِدَاءُ بِلاَلٍ مِنْ سُحُورِهِ فَإِنَّهُ يُؤَذِّنُ أَوْ قَالَ يُنَادِي بِلَيْلٍ لِيَرْجِعَ قَائِمَكُمْ وَيُوقِظَ نَائِمَكُمْ وَقَالَ لَيْسَ أَنْ يَقُولَ هَكَذَا وَهَكَذَا وَصَوَّبَ يَدَهُ وَرَفَعَهَا حَتَّى يَقُولَ هَكَذَا وَفَرَّجَ بَيْنَ إِصْبَعَيْهِ
Diriwayatkan daripada Ibnu Mas'ud r.a katanya: Rasulullah s.a.w telah bersabda: Janganlah kamu jadikan laungan azan Bilal atau seruan Bilal sebagai pencegah seseorang di antara kamu dari makan sahur kerana suara azan atau seruan azan Bilal pada malam hari adalah untuk memberi peringatan kepada seseorang dari kamu yang kebetulan masih mengerjakan sembahyang malam atau untuk membangunkan kamu dari tidur. Beliau bersabda lagi: Janganlah kamu hiraukan ucapan seseorang tentang fajar itu adalah begini, begini sambil baginda membetulkan tangannya kemudian mengangkatnya ke atas dengan mengatakan bahawa fajar ialah begini sambil merenggangkan di antara dua jari baginda (HR. Bukhari no. 586, 4887, 6706, Muslim no. 1830, Nasai no. 637 dll, hadist dinukil dari al-Bayan CD-Program).
Kesimpulan
Ada dua azan di pagi hari yaitu
a.    azan pertama – pada fajar pertama (kadzib) kurang lebih jam 3.30 s.d 4.00 – untuk memberikan peringatan kepada orang yang masih mengerjakan sholat malam bahwa sebentar lagi waktu shubuh segera tiba, atau membangunkan orang yang masih tidur.
b.    Azan kedua – pada fajar kedua (shadiq) – sebagai tanda masuknya waktu shalat subuh.

2.      Kapan kalimat “ash-shalatu hairu minannaum” dikumandangkan

Dalam Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah disebutkan “Di dalam adzan waktu Shubuh, hendaklah sesudah menyerukan “Hayya ‘alal-falah”, mengucapkan “ash-shalatu khairu minan-naum …..” berdasarkan hadist riwayat Abu dawud dan Nasa’i(lih. HPT hal. 114 dan 122). Tetapi bagaimana dengan hadist-hadist berikut:
a.    Hadist
وإِذَا أَذَنْتَ بِاْلأَوَّلِ مِنَ الصُّبْحِ فَقُلْ: الصلاة خير من النوم،الصلاة خير من النوم.
Jika kamu mengumandangkan adzan pertama shubuh, maka, ucapkanlah ashshalatu khairun minannaum, ashshalatu khairun minannaum. HR Abu Dawud, an-Nasa’I, ath-Thahawi dan yang lain-lain (lih. Terjemah Tamamul Minnah bab adzan, hal. 175)

b.    Hadits dari Abu Mahdzurah:
أنَّهُ كانَ يُثَوِّبَ فِي اْلأَذَانِ اْلأَوَّلِ مِنَ الصُّبْحِ بِأَمْرِهِ صل الله عليه وسلم
Ia bertashwib dalam adzan pertama shalat shubuh atas perintahnya shalallahu 'alaihi wa salam  (HR al-Baihaqi dalam Sunan al-Baihaqi al-Qubra) (lih. Terjemah Tamamul Minnah, bab adzan, hal.175)


c.    Dan juga karena hadist:
وَزَادَ أَحْمَدُ فِي أَخِرِهِ قِصَّةَ بِلاَلِ فِي أَذَانِ الْفَجْرِ: الصلاة خير من النوم،الصلاة خير من النوم.
Dan Ahmad menambahkan pada akhir hadist tentang kisah ucapan Bilal dalam adzan Shubuh: as-shalatu hairu minannaum (lih. Bulughul Maram hadist no. 191, ketika memberikan tambahan hadist sebelumnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar