Selasa, 11 November 2014

Hari Senin - Dalam Catatan Imam Muslim (2)



Hari Senin - Dalam Catatan Imam Muslim (2)
Oleh: Sugiyanta

Dalam tulisan yang telah lalu dinyatakan bahwa pada hari Senin lah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan Abu Bakar ash-Shidiq radliallahu ‘anhu meninggal dunia. Itu semua termaktub dalam Shahih Imam al-Bukhari.

Hari Senin (dan Kamis) - Pintu-Pintu Surga Dibuka, Dosa-Dosa Diampuni

Hadist ke-1
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلَّا رَجُلًا كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam telah bersabda, "Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan. " Lalu dikatakan: "Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai! Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai! Tangguhkanlah kedua orang ini hingga mereka berdamai!" (Shahih Muslim)

Faidah Hadist
1.        Pada hari Senin dan Kamis, pintu-pintu surga dibuka
2.        Pada hari itu dosa-dosa selain dosa syirik diampuni tentu saja dosa seseorang yang Allah kehendaki untuk mengampuninya.
3.        Adapun pengampunan bagi orang yang dalam kebencian atau perpecahan ditunda sampai mereka berdamai.

Hari Senin - Allah Menciptakan Pepohonan

Hadist ke-2
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِي فَقَالَ خَلَقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ التُّرْبَةَ يَوْمَ السَّبْتِ وَخَلَقَ فِيهَا الْجِبَالَ يَوْمَ الْأَحَدِ وَخَلَقَ الشَّجَرَ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَخَلَقَ الْمَكْرُوهَ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ وَخَلَقَ النُّورَ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ وَبَثَّ فِيهَا الدَّوَابَّ يَوْمَ الْخَمِيسِ وَخَلَقَ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَام بَعْدَ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فِي آخِرِ الْخَلْقِ فِي آخِرِ سَاعَةٍ مِنْ سَاعَاتِ الْجُمُعَةِ فِيمَا بَيْنَ الْعَصْرِ إِلَى اللَّيْلِ
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam pernah memegang tangan saya seraya berkata, “Allah telah menciptakan bumi pada hari Sabtu. Allah telah menciptakan gunung-gunung di bumi pada hari Ahad. Allah telah menciptakan pepohonan pada hari Senin. Allah telah menciptakan hal-hal yang tidak disukai pada hari Selasa. Allah telah menciptakan cahaya pada hari Rabu. Allah telah menyebarkan binatang di bumipada hari Kamis. Allah telah menciptakan Adam ‘alaihi salam setelah Ashar pada hari Jum’at, di akhir penciptaan, dan di akhir waktu Jum’at antara Ashar dan malam hari.” (Shahih Muslim)

Faidah Hadist
Berikut adalah urutan Allah menciptakan bumi
1.        Hari Sabtu - Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan bumi
2.        Hari Ahad - Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan gunung-gunung
3.        Hari Senin - Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan tumbuh-tumbuhan
4.        Hari Selasa - Allah subhanahu  wa ta’ala menciptakan hal-hal yang tidak disukai
5.        Hari Rabu - Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan cahaya
6.        Hari Kamis - Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan binatang
7.        Hari Jumat - Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan manusia yaitu Adam ‘alaihi salam.

Hari Senin - Alasan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam Berpuasa pada Hari Senin, Hari Rasulullah Dilahirkan, Hari al-Quran Diwahyukan kepada Beliau shalallahu ‘alaihi wa salam Pertama Kali

Hadist ke-3
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ الِاثْنَيْنِ فَقَالَ فِيهِ وُلِدْتُ وَفِيهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ
Dari Abu Qatadah al-Anshari radliallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin? Lalu beliau menjawab, "Pada hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu pula diturunkan wahyu kepadaku."

Faidah Hadist
Alasan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam berpuasa pada hari Senin adalah:
1.        Pada hari itu Rasulullahdilahirkan
2.        Pada hari itu al-Quran diwahyukan kepada beliau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar